Kedua kalimat tersebut sama-sama mengandung ajakan yang baik, tetapi apakah dampak dibalik perbedaan kedua macam kalimat tersebut bagi masyarakat?

Maraknya iklan-iklan publik bertemakan narkoba kini, ternyata disamping berdampak positif, juga memiliki dampak negatifnya. Dalam pemilihan kata yang digunakan di papan iklan atau spanduk-spanduk di sepanjang jalan banyak kita lihat kalimat-kalimat yang berbunyi “jauhilah narkoba”, “katakan tidak untuk narkoba” atau “narkoba merupakan tiket menuju kesengsaraan”, dsb. Kalimat-kalimat tersebut mengandung sifat persuasif (mengajak atau mengarahkan) tetapi sayangnya tujuan awal yang mengajak untuk menjauhi narkoba ini secara tidak langsung malah mengarahkan masyarakat untuk berpikir tentang narkoba itu sendiri.

Dengan penggunaan kata narkoba dalam kalimat-kalimat tersebut ternyata malah mengarahkan pikiran masyarakat kepada narkoba. Hal tersebut hanya menanamkan tentang adanya berbagai larangan dan himbauan kepada masyarakat untuk tidak berurusan dengan narkoba, tetapi ironisnya sekaligus menanamkan di benak mereka bahwa hingga saat ini penyalahgunaan narkoba di kalangan masyarakat masih ‘ada’. Dengan begitu, penyalahgunaan narkoba dianggap bukan sesuatu yang tabu, hanya saja sesuatu yang dilarang. Hingga kapan image ini dapat terhapus atau paling tidak terkikis dalam pemikiran masyarakat kita.

Menurut pendapat ahli yang pernah saya ketahui, akan lebih baik jika dalam upaya menghimbau masyarakat tentang bahaya narkoba itu dilakukan dengan ajakan-ajakan yang benar-benar menjauhkan mereka dari narkoba, misalnya saja dengan mengganti kalimat-kalimat yang saya sebutkan di atas menjadi “ayo hidup sehat”, “mari kita berolahraga”, “hidup lebih baik dengan sehat dan bugar”, dsb. Secara tidak langsung penghapusan kata narkoba dari budaya masyarakat kita secara perlahan ini tentunya diharapkan juga akan menggeser pemahaman masyarakat tentang narkoba. Yang tadinya hal tersebut sekedar ‘dimaklumi’, akan tergeser menjadi hal yang dianggap ‘tabu’. Dengan bergesernya pemahaman ini, diharapkan pula penggunaan dan penyalahgunaan narkoba yang membahayakan generasi bangsa ini akan berkurang bahlan jika bisa sampai terhapus.

About these ads