Pentingnya perhatian terhadap pendidikan dan perkembangan anak-anak untuk kemajuan bangsa

Suatu siklus yang baik untuk dibina dalam kehidupan berbangsa dan bernegara adalah dimana pemerintah memberikan pelayanan yang baik untuk rakyat, dan rakyat sebagai sumber daya pun akan memberikan sumbangsihnya untuk perkembangan dan pembangunan bangsa. Jika kemudian Negara cukup makmur dan berkembang dengan baik tentunya Negara kemudian akan kembali memberikan pelayanan yang baik untuk generasi rakyat berikutnya.

Tetapi sayang kini sangat tipis sekali kemungkinannya untuk mengalirkan siklus tersebut. Hubungan antara rakyat dan pemerintah bagaikan terpisah oleh pagar besi berduri. Sikap apatis dan rasa ketidakpercayaan rakyat terhadap pemerintah sudah hampir tidak dapat diperbaiki. Akan sangat memprihatinkan jika hal ini berlangsung terus menerus, tentunya akan menjadi suatu model siklus baru dimana pemerintah tidak memberi pelayanan yang baik bagi masyarakat dan sebaliknya masyarakat akan kehilangan kepercayaan dan harapannya terhadap pemerintah. Jika rakyat sudah kehilangan kepercayaan dan harapan tersebut, dengan sendirinya akan hilang pula kesadaran dan semangat bernegara.

Kita lihat saja sekarang bagaimana image poilisi dan aparat Negara lainnya di mata masyarakat, padahal seharusnya mereka menjadi sosok pengayom masyarkat. Lalu coba lihat bagaimana image anggota DPR dan lembaga pemerintahan lainnya di mata masyarakat. Bagaimana tanggapan masyarakat jika ada seseorang yang mempunyai harta kekayaan dan kebetulan juga adalah seorang anggota DPR atau mentri. “Oh,pantas!” itu adalah kalimat yang tepat untuk mewakili respon masyarakat tentang hal itu. Mengapa semua itu harus mengakar dan dibiarkan berkembang?

Apakah siklus semacam itu akan terus dibiarkan mengalir dan tak ada yang mau memutusnya?

Seluruh bagian Negara harus bekerja sama dalam hal ini. Baik pemerintah, masyarakat awam maupun pihak lainnya seperti mahasiswa, LSM, PNS, bahkan ibu rumah tangga pun sebaiknya ikut andil dalam perbaikan bangsa ini.

Kita harus merancang perbaikan bangsa dalam segala hal, termasuk budaya dan pendidikan yang baik. Karena pendidikan menyangkut langsung anak-anak bangsa, generasi penerus tempat kita menaruh harapan. Maka dari itu, pemerintah, sebagai public service harus menaruh perhatian lebih pada anak-anak Indonesia, baik pelayanan kesehatan, pendidikan formil dan non formil, perlindungan hukum, dll. Karena anak-anak Indonesia adalah cikal bakal SDM kita, untuk mengembangkan Indonesia. Sudah sepatutnya pemerintah memperhatikan segala aspek yang berpengaruh terhadap anak-anak  Indonesia agar nantinya menjadi SDM yang berkualitas untuk perbaikan dan perkembangan bangsa.